Tanggap Covid-19, Jurusan Tadris Biologi FTIK IAIN Kerinci lakukan aksi

Sungai Penuh (17/2) – Selasa, 17 Maret 2020 Jurusan Tadris Biologi lakukan aksi “Tanggap Covid-19” dengan menyebarkan pamflet dan menyiapkan tempat cuci yang dilengkapi dengan hand sanitizer. Aksi ini dilakukan di area Institut Agama Islam Negeri Kerinci dalam bentuk sosialisasi kepada civitas akademika untuk tanggap terhadap pandemi global ini agar tidak terinfeksi.


Ketua Jurusan Tadris Biologi, Emayulia Sastria, M.Pd mengatakan jika aksi ini sebagai bentuk tanggap terhadap wabah pandemi berbahaya ini agar tidak tersebar. Aksi ini dilakukan bersama HMJ Tadris Biologi dengan menyiapkan tempat cuci yang dilengkapi dengan hand sanitizer di laboratorium FTIK IAIN Kerinci dan dengan menyebarkan pamflet di area kampus IAIN Kerinci.


“Aksi ini dilakukan bersama HMJ Tadris Biologi sebagai bentuk tanggap terhadap pandemi Covid-19 yang telah menyebar ke banyak negara dan menyebabkan banyak korban meninggal” ungkap Emayulia.


Untuk diketahui, pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease-19) telah menyebar di banyak negara dunia. Pandemi ini disebabkan oleh infeksi virus nCov-19 (Novel Corona Virus- 19). Pandemi Covid-19 ini menyerang sistem pernafasan ini telah menyebabkan banyak korban meninggal. Tak ayal, pandemi ini mencemaskan masyarakat di setiap negara, tak terkecuali Indonesia. Upaya pencegahan dapat dilakukan seperti Langkah-langkah berikut:


1. Mengurangi kontak fisik langsung dengan orang lain seperti bersalaman dll.


2. Mencuci tangan dengan sabun / hand sanitizer / antiseptik lain sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.


3. Selalu menjaga kebersihan dimanapun berada.


4. Menerapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.


5. Membatasi pergi ke acara yang banyak kerumunan orang.


6.Membatasi keluar daerah jika tidak mendesak.


7. Menggunakan masker hanya jika merasa sakit.


8. Jika mengalami gejala covid-19 harap segera menghubungi instansi kesehatan terdekat.


MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI


KEEP CALM AND STAY COOL


(Dharma Ferry)