FTIK IAIN Kerinci Gelar Ujian Munaqasah Online Perdana

Sungai Penuh (20/4) – Pada hari senin, 20 April 2020, FTIK IAIN Kerinci menggelar Ujian Munaqasah online perdana berlangsung dengan sukses dan lancar. Pelaksanaan Ujian Munaqasah secara online ini adalah realisasi dari hasil rapat kerja FTIIK IAIN Kerinci beberapa waktu lalu yang menghasilkan Petunjuk Teknis (Juknis) Kegiatan Akademik Masa Tanggap Darurat COVID-19, termasuk juknis pelaksanaan ujian munaqasah online.


Wakil Dekan I FTIK IAIN Kerinci, Drs. Saadduddin, M.PdI mengatakan bahwa pelaksanaan ujian munaqasah online ini adalah yang pertama di IAIN Kerinci ini. Pelaksanaannya mengikuti petunjuk teknis yang telah ditetapkan pada rapat kerja beberapa waku lalu.


“Ini (ujian munaqasah online) adalah yang perdana di IAIN Kerinci selama masa tanggap darurat COVID-19. Prosesnya ya mengikuti juknis yang telah kita buat beberapa waktu lalu” tutur Saadduddin.

Menurut Dekan FTIK IAIN Kerinci, Dr. Dairabi Kamil, M.Ed, kegiatan akademik di lingkungan FTIK IAIN Kerinci selama masa tanggap darurat COVID-19 ini haruslah tetap berlangsung dengan lancar. Himbauan untuk stay home ataupun work from home bukanlah menjadi hambatan untuk pelaksanaan kegiatan akademik, termasuk pelaksanaan ujian munaqasah. Hal ini dapat dilaksanakan secara online (daring) sesuai juknis yang ada.

“Stay home dan work from home bukan menjadi hambatan pelaksanaan kegiatan akademik ditengah pandemi COVID-19 ini. Kita bisa melaksanakannya secara daring (online), termasuk ujian munaqasah ” kata Dairabi.


Ujian Munaqasah online perdana FTIK IAIN Kerinci dimulai pada jam 08.30 WIB dengan menggunakan aplikasi online meeting Zoom. Ujian munaqasah ini dihadiri oleh para dosen pembimbing dan dosen penguji serta tiga orang mahasiswa dari program studi Tadris Bahasa Inggris dan satu orang mahasiswa dari program studi BKPI yang diuji. Pelaksanaannya dipandu oleh operator dari akademik FTIK IAIN Kerinci.


(Dharma Ferry)